Aplikasi Android Untuk Mencari Rute Busway

Busway atau Bus Transjakarta adalah moda transportasi umum di Jakarta. Hanya dengan bermodalkan Rp. 3500 kita sudah bisa langsung keliling Jakarta. Bagi Agan yang baru nyampe ke Jakarta dan belum hapal rute busway, Agan bisa menggunakan aplikasi Jalan Jakarta yang bisa didownload gratis di Google Play Store.



Kelebihan dari aplikasi Jalan Jakarta ini di antaranya

  • Anda akan diberikan pilihan rute dari tempat asal ke tempat tujuan
  • Petunjuk yang diberikan mudah dimengerti
  • Ada informasi cuaca. Informasi cuaca berasal dari informasi cuaca yang diberikan oleh para pengguna aplikasi.
  • Untuk pengembangan ke depan tidak hanya rute busway tapi juga dapat mencakup rute angkutan umum lainnya di Jakarta

Continue reading “Aplikasi Android Untuk Mencari Rute Busway”

Menentukan Waktu Shalat dengan Menggunakan Android

Aplikasi Masjid yang saya kembangkan semakin bertambah fungsinya. Sebelumnya saya menambahkan fungsi menentukan arah kiblat menggunakan teknologi GPS. Saat ini saya menambahkan fungsi menentukan waktu shalat dengan memanfaatkan koordinat GPS.Dengan pemanfaatan koordinat GPS, selama Android kita mendapatkan sinyal GPS di mana pun, maka waktu shalat dapat ditentukan. Tidak memerlukan internet dan juga database.

Prinsipnya sederhana, yaitu, setelah handphone Android kita mendapatkan koordinat GPS di mana kita berada dan juga tanggal saat itu, maka waktu shalat secara otomatis dihitung dengan menggunakan fungsi yang sudah didevelop oleh http://praytimes.org.

Di situs http://praytimes.org dijelaskan bagaimana cara menentukan waktu shalat. Terdapat beberapa metode dan parameter yang harus ditentukan. Untuk Indonesia, tentunya kita mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Agama. Ketentuan untuk menentukan waktu shalat tersebut, bisa dilihat di http://www.al-habib.info/jadwal-shalat/, adalah sebagai berikut

  1. Sudut Shubuh -20°
  2. Zhuhur setelah matahari melintas Meridian/Zawal
  3. Penentuan ‘ashar berdasarkan Fiqih Syafi’i: panjang bayangan = panjang benda
  4. Maghrib saat terbenam matahari
  5. Sudut ‘Isya’ -18°
  6. Selain itu, waktu sholat biasanya dikoreksi dengan Ikhtiyat +- 2 menit (sebagai waktu pengaman dan penyeragam agar bisa berlaku bagi seluruh wilayah kota)

Continue reading “Menentukan Waktu Shalat dengan Menggunakan Android”

Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Aplikasi Android

Menentukan Arah Kiblat merupakan salah satu kegunaan dari aplikasi Masjid yang saya kembangkan. Informasi lainnya mengenai aplikasi Masjid bisa dibaca di sana.

Contoh tampilan penentuan Arah Kiblat menggunakan aplikasi Masjid bisa di lihat di bawah :
Android Arah Kiblat

Arah panah menunjukkan Arah Kiblat di lokasi Anda dan akan bergerak mengikuti arah putaran hand phone.

Dalam menentukan Arah Kiblat diperlukan koordinat GPS dari lokasi Anda berada. Untuk menentukan lokasi GPS dalam aplikasi Android yang saya kembangkan menggunakan SDK fused location provider dari Google. Setelah didapat lokasi GPS ditentukan arah ke koordinat Kiblat menggunakan fungsi Location.bearingTo();

Arah panah akan berputar sesuai dengan arah hand phone. Untuk mendeteksi gerakan digunakan Sensor.TYPE_ACCELEROMETER dan Sensor.TYPE_MAGNETIC_FIELD. Setelah terdeteksi adanya gerakan kemudian gambar diputar menggunakan Class RotateAnimation, contohnya:

RotateAnimation ra = new RotateAnimation(
currentDegree,
-azimut,
Animation.RELATIVE_TO_SELF, 0.5f,
Animation.RELATIVE_TO_SELF,
0.5f);

Untuk lebih lengkapnya akan saya share, jika yang download aplikasi Masjid untuk menentukan arah kiblat sudah lebih dari 50ribu ya dan juga jika saya ada waktu 🙂