Tutorial Jual Pulsa

Pulsa bisa jadi sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Bisa kita lihat semua orang memiliki hand phone, jumlah nomor seluler melebihi jumlah penduduk Indonesia, dan di mana-mana dapat dengan mudah kita jumpai orang berjualan pulsa. Selain itu, pulsa dapat dibeli melalui banyak channel bukan hanya penjual pulsa di pinggir jalan, akan tetapi pulsa bisa dibeli melalui elektronik channel seperti ATM, internet banking bahkan SMS banking. Dengan elektronik channel tersebut, tanpa beranjak dari tempat duduk kita sudah dapat membeli pulsa.

Begitu banyaknya orang yang menggunakan telepon seluler, berarti pangsa pasar berjualan pulsa sangat besar. Semua orang butuh pulsa untuk telepon, sms, dan juga akses internet. Dengan kemajuan teknologi semua orang dapat juga berjualan pulsa. Saat ini saya akan mencoba memberikan sedikit tutorial bagaimana berjualan pulsa.

Dapat kita bagi dua cara berjualan pulsa sebagai berikut :

  1. Menjadi agen pulsa resmi dari dealer pulsa
  2. Menjadi downline dari server pulsa yang biasanya kita sebut sebagai multi chip

Untuk yang pertama kita harus menyiapkan modal untuk setiap pulsa operator seluler yang akan kita jual. Harganya cenderung lebih murah dibanding yang kedua karena kita mendapatkan langsung dari dealer. Namun kita harus pandai berhitung seandainya modal yang kita miliki sedikit. Kita harus bisa membuat forecast kebutuhan penjualan masing-masing operator karena kita harus memiliki stok pulsa yang terpisah untuk masing-masing operator seluler tersebut. Bisa saja, kita sudah membeli stok pulsa untuk operator telkomsel akan tetapi untuk stok pulsa XL kita hanya membeli sedikit karena kekurangan modal. Namun pada saat tersebut permintaan pulsa XL lagi banyak-banyaknya sehingga kita kehabisan stok dan tidak dapat melayani pembelian sehingga loss oportunity.

Karena masing-masing operator memerlukan chip yang terpisah kita pun agar nyamannya sebaiknya menyediakan hand phone untuk setiap operator seluler tersebut. Kecuali kita mau cabut pasang sim card dengan hand phone yang digunakan. Jika ada pelanggan telkomsel, kita masukkan sim card telkomsel ke handphone tersebut baru kemudian bertransaksi. Demikian juga jika ada pelanggan XL, maka kita tukar chip yang ada di handphone dengan chip XL untuk bisa bertransaksi.




Continue reading “Tutorial Jual Pulsa”