Sebutkan Secara Spesifik Yang Anda Minta Saat Berdoa

Tulisan ini mungkin tidak ada hubungannya langsung dengan Android. Tapi saya ingin saja menuliskannya karena menurut saya bermanfaat dalam perjalanan saya sebagai Independent Android Developer dari Jakarta dan juga kebetulan sekarang hari Jum’at di mana ada waktu yang mustajab untuk berdoa di hari Jum’at.

Selain itu, selain kita harus selalu berusaha tentunya harus diiringi dengan berdoa. Seperti berdoa agar semua berjalan lancar, aplikasi Android yang dibuat dapat bermanfaat, aplikasi Android dapat memberikan penghasilan yang cukup dan mungkin lain sebagainya. Tapi, apakah berdoa seperti itu cukup ? Nah, ada pengalaman teman saya yang berhubungan dengan berdoa seperti apa yang menurutnya baik berdasarkan pengalaman yang dia miliki.

Pengalamannya dalam berdoa yaitu saat dia selalu berdoa untuk mendapatkan anak. Kebetulan dia dan istrinya (sebut saja namanya M) saat itu belum dikarunia anak setelah bertahun-tahun menikah. Pada saat umroh pun dia berdoa agar mendapatkan anak. Sampai akhirnya, syukur Alhamdulillah akhirnya dia dikarunia anak. Namun, anak tersebut bukan dari hasil pernikahannya dengan M. Tapi hasil pernikahannya dengan istri keduanya (sebut saja namanya A). Ya, dia bercerai dengan M dan menikah dengan A kemudian dikarunia anak.

Kesimpulan yang dia dapat adalah berdoa itu harus dengan lengkap. Saat dia berdoa meminta anak, dia tidak menyebutkan secara eksplisit agar mendapatkan anak dari M. Sehingga pada saat doanya dikabulkan anak tersebut didapatnya dari pernikahannya dengan A. Jadi menurut dia, sebutkanlah segalanya dengan detail. Seperti nama, jumlah, tempat, waktu dan lain sebagainya.

Misalnya saja kita berdoa agar segera mendapatkan jodoh, mungkin ada baiknya ditambahkan ingin berjodoh dengan si B binti C. Contoh lain, kita berdoa agar aplikasi Android dapat memberikan penghasilan yang cukup. Mungkin ada baiknya ditambahkan berapa penghasilan yang kita minta dari aplikasi Android tersebut.

Tidak ada larangan juga kan kalau kita meminta apa yang kita mau ke Allah swt, karena memang segala sesuatu hanya dari Nya dan kita memang diperintahkan untuk meminta hanya kepada Nya.