Aplikasi Survey Untuk AndroidSurvey Application for Android


Aplikasi ini dibuat berdasarkan pesanan dari seseorang. Fungsi dari Aplikasi Survey Untuk Android ini adalah untuk mengumpulkan data dari lokasi yang disurvey. Data yang dikumpulkan berupa :

1. Koordinat GPS

2. Beberapa pilihan text yang dapat dipilih melalui Spinner. Pilihan yang muncul diambil dari server menggunakan XML

3. Input manual text

4. Foto

5. Barcode

Kelima data tersebut dikirimkan ke server melalui protokol HTTP POST. Dengan menggunakan HTTP POST maka jumlah karakternya yang dikirimkan tidak terbatas. Hal ini berbeda jika kita mengirimkan data melalui HTTP GET di mana jumlah karakter yang dapat dikirimkan melalui HTTP GET terbatas hanya 255 karakter.

This application is made to order from someone. The function of the Survey Application For Android is to collect data from locations surveyed. Data collected include:

1. GPS Coordinates

2. Some of the options that can be selected via text Spinner. Option that appears retrieved from the server using XML

3. Manual text input

4. Photo

5. Barcode

The five data sent to the server via HTTP POST protocol. By using HTTP POST then the number of characters that is sent is unlimited. It is different if we are sending data via HTTP GET in which the number of characters that can be sent via HTTP GET limited to 255 characters.

Dari kelima jenis tipe data yang dikumpulkan tersebut yang paling sulit adalah tipe data Foto. Di dalam SDK Android sudah tersedia SDK untuk mengambil foto dan mendapatkan BITMAP dari foto yang dicapture. Akan tetapi, jika kita langsung menggunakan BITMAP hasil dari capture secara langsung, maka BITMAP tersebut disimpan di dalam memory internal HP sehingga ukuran FOTO menjadi terbatas. Bukan ukuran foto asli melainkan ukuran foto yang telah di minimize.

Salah satu cara untuk mendapatkan hasil FOTO yang maksimal, maka hasil capture kamera harus disimpan terlebih dahulu ke dalam SDCARD baru kemudian hasil file yang diperoleh dikirimkan ke server.

Silahkan download Source Code untuk mendapatkan hasil capture camera pada handphone Android kemudian menyimpannya ke SDCARD. Untuk tipe data lainnya akan saya share secara terpisah di lain kesempatan.

Download GRATIS aplikasi buatan saya di Google Play :

Android app on Google Play

Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat mohon bantuannya untuk share melalui Social Media yang Anda miliki.

Of the five types of data collected, the most difficult is the data type photos. In the SDK Android SDK is available to take photos and get a bitmap of the photo captured. However, if we directly use the results of the capture bitmaps directly, then the bitmap is stored in the internal memory PHOTOS HP so size is limited. Not the size of the original image but the size of images that have been minimized.

One way to get the maximum PHOTO, cameras capture the results must first be saved in SDCard then file the results obtained is sent to the server.

Please download Source Code to get the camera capture on Android phones then save it into SDCard. For other data types separately I will share next time.

Download the FREE app I made in Google Play:

Android app on Google Play

If you find this article useful please help to share via social media you have.


2 responses to “Aplikasi Survey Untuk AndroidSurvey Application for Android

  1. source codenya gak lengakp ya mas,cuma aplikasi kameranya aja ya mas.boleh boleh minta sourcenya seperti yang mas sampaikan fungsi aplikasinya,kalu boleh kirimkan ke email ya mas thaks

    • Lain waktu kalau ada kesempatan, tulisan ini mengenai aplikasi survey untuk Android ini ada kelanjutannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *