Game Android Cangkulan

Game ini adalah game pertama saya dengan cara membuat class khusus yang merupakan turunan dari class View. Jadi developmentnya tidak menggunakan class View turunan yang sudah ada di Android seperti Layout, Text maupun image. Dengan membuat class turunan khusus ini, saya mendapatkan teknik berbeda dalam membuat aplikasi Android khususnya Game. Teknik membuat class turunan dari View biasanya memang dipergunakan untuk mendevelop game. Hal ini dikarenakan class turunan dari View standar Android tidak sebebas untuk dikustomisasi agar sesuai dengan Game yang akan dibuat. Class turunan standar dari View biasanya dipergunakan untuk pembuatan aplikasi.

Game Android ini saya beri nama Cangkulan. Namanya sesuai dengan permainan kartu asal Indonesia yang memang bernama Cangkulan. Di dalam game tersebut sudah saya masukkan bagaimana cara bermain dan juga high score. Jadi yang ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara bermain Cangkulan, bisa langsung download game Cangkulan tersebut dari Play Store:


Android app on Google Play

Untuk menu high score ke depannya saya berencana untuk menambahkan feature social. Apakah itu menggunakan facebook score API atau dari Play Game service dari Google. Tujuannya adalah kita bisa melihat score dari rekan-rekan kita di facebook atau Google+ sehingga lebih menarik dan membandingkan berapa score yang kita dapat dan berapa score yang didapat rekan kita.

Rencana ke depan mungkin menambahkan feature jumlah pemain dan juga multi player game Cangkulan. Yaitu, bermain cangkulan secara online dengan rekan kita bersama-sama dua orang sampai empat orang. Menarik bukan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *