Biaya Pembuatan Aplikasi Android

Banyak pihak yang bertanya kepada saya berapa biaya pembuatan aplikasi Android. Pertanyaan yang sederhana akan tetapi sulit untuk dijawab. Hal ini karena informasi yang diberikan oleh klien kita mengenai aplikasi Android yang ingin dibuatnya sangat sedikit atau tidak lengkap. Malah biasanya hanya disebutkan dalam satu kalimat saja. Misalnya, berapa biaya pembuatan aplikasi Android untuk survey? Coba Anda bayangkan aplikasi Android untuk survey. Bagaimana tingkat kompleksitas dan bagaimana usaha yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi android tersebut belum bisa terukur hanya dengan menyebutkan aplikasi tersebut untuk Survey.

Jika dibandingkan dengan membangun sebuah rumah, menentukan biaya untuk membuat aplikasi Android lebih sulit. Jika dalam pembangunan rumah, kita bisa memperkirakan biaya pembangunan rumah berdasarkan dari biaya per meter persegi dikali luas bangunan. Contoh kita akan membangun rumah seluas 36 m2, jika per m2 biayanya Rp. 5 juta maka perkiraan biaya pembangunan rumahnya adalah Rp. 180 juta.

Beberapa cara dapat digunakan untuk menentukan berapa biaya pembuatan aplikasi Android. Namun, pada intinya, sebagai developer Android, kita harus dapat mengunci requirement (pra syarat) yang dibutuhkan dari aplikasi Android yang akan dibuat tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai permintaan dari klien melebar ke mana-mana. Sehingga pada saat pengerjaannya terdapat banyak penambahan feature atau fungsi dari aplikasi yang tidak disebutkan di awal. Hal ini menyebabkan biaya yang disepakati di awal kok terasa murah dibandingkan usaha yang harus dilakukan dalam membuat aplikasi Android tersebut. Atau bisa jadi sebaliknya, klien kita merasa biaya untuk membuat aplikasi tersebut terlalu mahal dibandingkan usaha dan tingkat kompleksitas dari aplikasi Android yang kita buat.

Salah satu cara untuk mengunci requirement dari aplikasi Android yang akan dibuat yaitu dengan cara membuat design layout user interface dari aplikasi Android terlebih dahulu. Lebih bagus memang jika sudah langsung dibuat design grafisnya juga. Selain design layout, flow mekanis yang menghubungkan antara layout user interface yang satu dengan layout user interface lainnya dapat terlihat. Fungsi yang ada dalam user interface juga sudah dijelaskan di awal. Dengan adanya design layout tersebut klien dan kita diharapkan dapat mencapai titik temu tentang aplikasi yang akan dibuat. Sehingga sudah dapat membayangkan lebih jelas aplikasi Android tersebut setelah jadi akan seperti apa. Jika kita bandingkan dengan pembangunan rumah, maka design layout user interface dapat kita analogikan sebagai gambar arsitekturnya.

Setelah kita bersama klien sudah mendapatkan gambaran lengkap mengenai aplikasi Android yang akan dibuat berdasarkan design layout user interface dan juga design grafisnya beserta keterkaitan antara user interface yang satu dengan yang lainnya barulah kita bisa bernegosiasi dengan klien tersebut. Kita juga harus bisa mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi Android tersebut. Cara yang paling mudah untuk menentukan biayanya adalah dihitung harga per halaman dari aplikasi tersebut. Tentunya halaman yang satu dengan lainnya dapat berbeda harganya tergantung dari kompleksitas masing-masing halamannya. Jika kita anologikan dengan pembangunan rumah, biaya per halaman aplikasi bisa kita analogikan dengan biaya per meter persegi rumah yang dibangun. Contohnya, berdasarkan design layout tersebut akan ada lima halaman dan masing-masing halaman berharga Rp. 1 juta. Maka biaya pembuatan aplikasi Android tersebut sekitar Rp. 5 juta.

Contoh dari design layout aplikasi Android dapat dilihat di bawah :

design layout user interface android application

design layout user interface android application

https://dl.dropboxusercontent.com/u/123395907/layout3.PNG

Setelah mendapatkan design layout dapat dilanjutkan dengan design grafisnya juga. Contohnya

design grafis user interface android application

design grafis user interface android application

One Reply to “Biaya Pembuatan Aplikasi Android”

  1. Sy tertarik membuat aplikasi android utk menjual prodok sy bgm cara berkonsultasinya apa ada no telp yg bisa di hubungi ?

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *