Arisan di AndroidArisan on Android

Aplikasi Android bernama Arisan ini pertama kali saya publish di Play Store (dahulu: Google Market) pada bulan Juli 2011 (Selengkapnya bisa baca di sana). Aplikasi Arisan di Android ini merupakan aplikasi untuk menentukan pemenang secara random dari daftar pemenang. Masing-masing pemenang maksimal hanya dapat menang satu kali.

Arisan sendiri merupakan suata acara kumpul-kumpul antar keluarga atau antar relasi. Para anggota keluarga atau relasi berkumpul di suatu tempat untuk bersilaturahmi misalnya saja satu bulan sekali. Pada acara kumpul-kumpul tersebut masing-masing keluarga mengumpulkan uang untuk dikocok siapa yang berhak menang Arisan. Orang yang menang Arisan tersebut berhak memperoleh uang hasil kumpulan dari seluruh keluarga saat itu. Masing-masing orang hanya berhak menang satu kali.

Contoh, ada 5 orang yang mengikuti Arisan dan masing-masing menyetor uang 100rb setiap bulan. Setiap bulan mereka berkumpul dan menentukan siapa yang memenangkan 500rb. Secara total masing-masing menyetor 500rb dan juga akan mendapatkan 500rb. Jadi secara bergiliran masing-masing peserta akan berhak mendapatkan 500rb. Tujuan utama dari Arisan ini adalah bukan mendapatkan uang hasil dari Arisan akan tetapi lebih ke arah acara kumpul-kumpulnya, bersilaturahmi antar anggota keluarga dan relasi.

Setelah hampir 3 tahun, aplikasi Arisan di Android tersebut baru saya update kembali. Tujuan utama saya mengupdate aplikasi Android Arisan tersebut adalah untuk menambahan feature baru yang di support oleh Android yang sebelumnya tidak ada. Kemampuan atau feature tersebut di antaranya :

1. Action Bar
2. Navigation Drawer
3. Google Play Service
4. Menambahkan animasi saat kocok pemenang Arisan

Action Bar pertama kali muncul pada tahun 2011 seiring dengan munculnya Android versi HoneyComb untuk tablet. Pada awalnya hanya support untuk versi Honeycomb saja. Kemudian muncul versi Android Ice Cream yang menambahkan library V7 AppCompat agar Android versi 7 dapat memanfaatkan fungsi Action Bar. Action Bar memungkinkan Options Menu dapat lebih terlihat oleh pengguna dan tidak membutuhkan tombol menu di handphone Android nya. Contoh tampilan Action Bar adalah sebagai berikut :

Action Bar Example

Navigation Drawer muncul di tahun 2013 pada saat munculnya Android versi Ice Cream. Dengan adanya feature Navigation Drawer, maka halaman menu utama aplikasi Arisan dihilangkan. Navigation Drawer pada aplikasi Arisan bisa dilihat pada gambar di bawah.

Navigation Drawer Example

Sebelumnya saya tidak menyadari kegunaan dari Google Play Service. Namun ketika saya akan mengupdate layanan iklan admob, ada pemberitahuaan bahwa SDK admob akan discontinue pada Agustus 2014. Oleh karena itu mau tidak mau saya menghilangkan penggunaan SDK admob dan sebagai gantinya menggunakan Google Play Service. Minimum versi Android yang diharuskan adalah 9, yaitu versi Ginger Bread. Maka dari itu mau tidak mau aplikasi Arisan yang saya update ini minimum bisa diinstall di Android versi Ginger Bread atau ke atas.

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk Arisan atau acara yang Anda kelola membutuhkan pemilihan pemenang secara acak, bisa menggunakan aplikasi Arisan di Android dan bisa di download secara gratis di Play Store:


Android app on Google Play

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *