Peluang Bisnis Aplikasi AndroidAndroid Application Business Opportunity

Dari http://tekno.kompas.com… ternyata bisnis aplikasi mobile sangat menggiurkan. Disebutkan bahwa jumlah aplikasi yang didownload akan menjadi 18 miliar download. Walaupun ancaman pembajakan sudah mengkhawatirkan toh tetap saja angka 18 miliar download sangat menggiurkan.

Bagaimana dengan di Indonesia ? Saat ini untuk google market belum mengijinkan para developer dari Indonesia untuk memberikan harga kepada setiap aplikasi buatannya. Para developer aplikasi Android dari Indonesia hanya bisa menjual aplikasi dengan harga GRATIS. Selain itu, untuk bisa meng-upload ke android market setiap developer diwajibkan membayar USD 25.
From http://tekno.kompas.com…. mobile applications business was very lucrative. Mentioned that the number of downloaded applications will be 18 billion downloads. Although the threat of piracy is alarming nonetheless still number 18 billion downloads is very tempting.

What about in Indonesia? Currently, Google market has not allowed the developer of Indonesia to provide prices to each of his application. The developers of Android applications from Indonesia can only sell applications at a price of FREE. In addition, to be able to upload to the Android market every developer is required to pay USD 25.

 

Terus bagaimana dong kita mendapatkan keuntungan jika aplikasi tersebut GRATIS? Biasanya di dalam aplikasi gratis terdapat iklan yang jika iklan tersebut di klik oleh pengguna aplikasi tersebut, maka pengembang aplikasi Android tersebut akan mendapatkan keuntungan. Kecil memang. Bukan kecil malahan.. tapi sangat-sangat kecil.

Sebenarnya dengan adanya pembajakan akan menguntungkan aplikasi GRATIS tersebut. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut akan semakin banyak penggunanya jika dibajak dan tentunya akan memperbesar peluang untuk mendapatkan keuntungan dari iklan yang di klik penggunanya. Akan tetapi dengan catatan aplikasi yang dibajak tersebut tidak diubah sehingga account iklan yang ada di aplikasi tersebut tetap milik si pembuat iklan

And what we are doing to get benefit if the application is FREE? Usually there is an Ads of each free application. And if the ad is clicked by the user application, the developers of Android applications will get benefit. Small indeed. Not even small .. but very, very small.

Actually, piracy will give benefit to the FREE application. This is because the application will be used by more and more users if it was hijacked and will certainly increase the opportunities to profit from ads at the click of users. However, The hijacked application  is not amended so the existing advertising accounts in the application is still owned by the creator of applications

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *