[:id]Kelebihan dan Kekurangan Virtual Private Server (VPS)[:]

[:id]Sudah beberapa kali saya berganti hosting. Pernah juga menggunakan VPS. Namun VPS yang saya gunakan waktu itu terutama digunakan untuk bisnis pulsa yang saya jalankan. Setelah bisnis pulsa saya hentikan, maka saya berhenti menggunakan VPS dan tetap menggunakan layanan web hosting saja.

Sebenarnya waktu itu saya berencana memindahkan seluruh layanan yang saya kembangkan dengan menggunakan VPS, namun ternyata setelah dicoba menginstall wordpress di VPS yang saya sewa, wordpress tersebut tidak bisa jalan. Mungkin karena kekurangan memory. Memory yang saya gunakan di VPS waktu itu adalah 96MB.

Bulan Juni 2015 ini saya kembali memutuskan untuk menggunakan VPS. Penyedia VPS yang saya pilih kali ini adalah dari cloud kilat. Saya memilih cloudkilat dikarenakan mendapatkan memory 1GB dengan harga terjangkau. Memori 1GB ini penting karena saya menjalankan wordpress. Di mana wordpress membutuhkan memori paling tidak 300 MB. VPS ini saya gunakan selain untuk blog, digunakan juga untuk beberapa layanan aplikasi Android yang saya kembangkan.

Kekurangan dari menggunakan VPS dibanding web hosting di antara nya :

  1. Harganya relatif mahal. Bisa sampai 12 kali lipat
  2. Tidak ada layanan backup harian. Saya akan bahas bagaimana melakukan backup harian dari VPS dengan menggunakan dropbox dan crontab

Sedangkan kelebihan menggunakan VPS dibanding layanan web hosting di antaranya:

  1. Saya memiliki root akses sehingga bisa meninstall apa pun
  2. Saya bisa menginstall mysql dengan InnoDb. Sewaktu saya menggunakan web hosting saya hanya mendapatkan Mysql dengan MyIsam.
  3. Bisa mendapatkan php versi terbaru
  4. Bisa menggunakan MySql workbench melalui ssh tunnel sehingga merasa lebih aman dan nyaman untuk ngoprek mysql nya
  5. File dan database yang saya miliki tidak bisa diakses oleh server admin dari penyedia VPS. Hal ini berbeda dengan web hosting di mana file dan database bisa diakses oleh root atau admin dari penyedia web hostingnya

InnoDb dan php versi terbaru saya butuhkan untuk mengembangkan atau mempelajari Yii Framework.

[:]

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *