[:id]Belajar Laravel[:]

[:id]Dalam mengembangkan Android, seringkali membutuhkan web development. Salah satunya untuk management data di server. Untuk memudahkan proses development web bisa dengan menggunakan framework PHP. Salah satunya adalah Laravel.

Laravel merupakan framework PHP yang masih muda umurnya dibandingkan dengan framework lainnya. Setelah saya mencoba mempelajarinya, sepertinya lebih mudah dimengerti. Untuk mempelajari Laravel lebih dalam, saya membeli buku karangan orang Indonesia berjudul Seminggu Belajar Laravel. Ya, salah satu alasannya saya mempelajari Laravel karena ada buku berbahasa Indonesia nya hehehe.

Buku tersebut saya beli dengan harga Rp. 250 ribu. Metode pembeliannya tergolong manual. Saya baca free samplenya dulu di Google Play Book. Di dalamnya ada nomor telepon penulisnya. Saya hubungi penulisnya via SMS, karena saya ingin memastikan apakah kalau membeli buku tersebut akan mendapat update buku tersebut untuk Laravel versi 5 atau tidak. Ternyata update gratis bisa didapatkan kalau pembelian melalui Leanpub. Akhirnya saya transfer melalui rekening bank sebesar Rp. 250 ribu kemudian saya dikirim email link untuk download bukunya.

Buku tersebut saya beli minggu lalu, 30 Agustus 2015. Dan sekarang sudah seminggu berlalu tapi saya belum juga menyelesaikan membaca buku tersebut. hehehe. Entah mengapa dari dulu saya belajar framework PHP, contohnya Yii dan yang sekarang Laravel tidak pernah tuntas. Tidak ada system yang berbasiskan framework tersebut yang berhasil saya publish. Malahan beberapa web saya kembangkan tanpa menggunakan framework, jadi murni php, mysql, html dan sedikit css dan javascript. Memang sih web nya masih tergolong sederhana.

Ke depannya saya bertekad untuk menguasai Laravel karena ada satu project yang membutuhkan web untuk management system yang dikembangkan. System apakah itu ? Saya kasih bocoran sedikit, systemnya berhubungan dengan penjualan pulsa! Tapi bukan Server Pulsa ya. hehehe. Entah kenapa kok ide-ide yang ingin saya kebanyakan tentang penjualan pulsa.

Ingin juga saya mengembangkan seperti aplikasi GO-JEK dan malah ada teman saya yang membutuhkan ide bisnis karena memiliki modal untuk diinvestasikan. Sebelum tulisan ini ngelantur mengenai GO-JEK dan ide bisnis lainnya, saya tutup sekian dulu. Saya lanjutkan jika ada waktu dan mood.[:]

2 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *