Menjaga Kualitas Aplikasi Android

Kualitas berbanding terbalik dengan kuantitas. Jika kita mengejar kuantitas seringkali sulit untuk menjaga kualitas.

Di awal pengembangan aplikasi Android saya memiliki visi mempublish dua aplikasi per bulan. Yang penting saya membuat aplikasi Android yang banyak. Namun, hal itu sulit tercapai. Semakin banyak aplikasi yang saya buat semakin kewalahan saya memaintain dan mengembangkan aplikasi tersebut. Akibatnya kualitas kurang terjaga.

Dengan pengalaman tersebut, maka saya akan konsentrasi pada kualitas aplikasi yang sudah dibuat. Tidak lagi mementingkan jumlah aplikasi yang dikembangkan. Langkah yang saya tempuh untuk menjaga kualitas aplikasi Android di antaranya sebagai berikut :

  1. Memantau crash report, kemudian memperbaiki secepat mungkin
  2. Mendengarkan saran dan kritik dari pengguna. Menganalisa dan menentukan prioritas untuk pengembangan dan juga perbaikan selanjutnya. Jika Anda sebagai pengguna dari aplikasi saya, maka jangan sungkan untuk memberikan saran dan kritik. Langsung kirimkan email ke sales@plugie.com. Saya akan berusaha untuk membalas email Anda dan memenuhi apa yang Anda harapkan
  3. Melakukan testing secara terus menerus, mencari error dan memperbaikinya.
  4. Mencari cara yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi. Atau dalam kata lain improvisasi user experience.

Dari langkah tersebut, yang terpenting adalah menentukan prioritas dan feature dari aplikasi mana yang perlu dikembangkan.

Impact dari peningkatan kualitas aplikasi secara terus-menerus adalah seringkali melakukan update aplikasi. Jadi jika Anda pengguna aplikasi saya, jangan heran aplikasi tersebut akan sering terupdate. Hal ini tentunya agar aplikasi tersebut semakin baik, semakin memenuhi harapan dari pengguna dan terjaga kualitasnya. Sehingga aplikasi Android yang dibuat menjadi yang terbaik di Indonesia atau bahkan di dunia. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *