Aplikasi Android Untuk Jualan Pulsa

Sebelumnya saya mencoba berbisnis Jualan Pulsa dengan memanfaatkan aplikasi Android. Hal tersebut pernah saya tulis di http://android.plugie.com/?p=305. Selain saya membuat aplikasi Android yang digunakan untuk bertransaksi pulsa oleh para pelanggan saya, saya pun membuat server pulsanya sendiri. Server pulsanya dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database mysql. Untuk server nya saya menyewa Virtual Private Server dengan menggunakan operating system Centos. Untuk keamanan bertransaksi menggunakan user id yang berupa nomor handphone dan PIN. Untuk mengamankan jalur transaksi data saya menggunakan HTTPS. Data yang dikirim melalui dan dari server saya pun di encrypt. Jadi ada double encryption, yang pertama HTTPS yang kedua dengan metode encrypsi khusus.

Setelah semua nya siap, saya jalankan sehari-hari operasional dalam berbisnis pulsa. Di antaranya:
1. Marketing
2. Complain Handling
3. Trouble Shooting jika ada masalah
4. Customer Care
5. Menangani deposit
6. Perbaikan dan pengembangan sistem




Continue reading “Aplikasi Android Untuk Jualan Pulsa”

Game Android Cangkulan

Game ini adalah game pertama saya dengan cara membuat class khusus yang merupakan turunan dari class View. Jadi developmentnya tidak menggunakan class View turunan yang sudah ada di Android seperti Layout, Text maupun image. Dengan membuat class turunan khusus ini, saya mendapatkan teknik berbeda dalam membuat aplikasi Android khususnya Game. Teknik membuat class turunan dari View biasanya memang dipergunakan untuk mendevelop game. Hal ini dikarenakan class turunan dari View standar Android tidak sebebas untuk dikustomisasi agar sesuai dengan Game yang akan dibuat. Class turunan standar dari View biasanya dipergunakan untuk pembuatan aplikasi.

Game Android ini saya beri nama Cangkulan. Namanya sesuai dengan permainan kartu asal Indonesia yang memang bernama Cangkulan. Di dalam game tersebut sudah saya masukkan bagaimana cara bermain dan juga high score. Jadi yang ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara bermain Cangkulan, bisa langsung download game Cangkulan tersebut dari Play Store:

Continue reading “Game Android Cangkulan”

Adb Install FBAndroid

Untuk mencoba develop Facebook Android SDK, salah satu langkahnya adalah menginstall aplikasi facebook di Android Emulator.
Langkahnya seharusnya mudah hanya yaitu hanya dengan menjalankan perintah

adb install <package-name>

Sebagai contoh, jika package name adalah FBAndroid-3.6.1.apk

Maka perintah yang kita ketik adalah

D:\android-sdk\platform-tools\adb install D:\FBSDK\bin\FBAndroid-3.6.1.apk

Dengan asumsi file adb.exe berada di folder d:\android-sdk\platform-tools dan FBAndroid-3.6.1.apk berada di folder D:\FBSDK\bin

Silahkan ganti folder sesuai dengan folder tempat Anda menginstall android sdk dan facebook SDK.

Namun demikan, pengalaman yang saya alami sangatlah tidak menyenangkan. Berhari-hari saya tidak bisa menginstall FBAndroid di emulator.

Berbagai macam cara saya coba:
1. mengganti Java SDK menjadi versi 7 baik 64 bit maupun 32 bit.
2. mengganti Java SDK menjadi versi 6 baik 64 bit maupun 32 bit
Kebetulan windows saya menggunakan windows 7 profesional 64 bit. Jadi bisa menginstall java 64 bit.

3. Mengcopy ulang android sdk.

4. Mendelete folder C:\Users\spiderman\.android dan kemudian mengcreate emulator baru dengan AVD

Semua cara tersebut sia-sia. FBAndroid tetap saja tidak bisa diinstall ke dalam emulator. Setiap kali saya mencoba install, proses membutuhkan waktu sekitar 3 menit, kemudian sampai muncul pesan seperti di bawah:

211 KB/s (25944831 bytes in 119.823s)
pkg: /data/local/tmp/FBAndroid-3.6.1.apk

emulator restart sendiri dan tidak bisa On.
Setelah emulator dimatikan paksa dan dinyalakan kembali, aplikasi facebook di Android tetap tidak terinstall.

Akhirnya saya menemukan clue di web site http://code2care.org/pages/integrating-facebook-sdk-version-3.5.2-with-android-app-tutorial/

Di situ saya melihat VM Heap adalah 64. Setelah saya ganti setting emulator VM Heap menjadi 64, akhirnya aplikasi Facebook dapat terinstall dengan baik di emulator.

Waktu yang dibutuhkan untuk menginstall sekitar 7 menit.