Arisan di Android

Aplikasi Android bernama Arisan ini pertama kali saya publish di Play Store (dahulu: Google Market) pada bulan Juli 2011 (Selengkapnya bisa baca di sana). Aplikasi Arisan di Android ini merupakan aplikasi untuk menentukan pemenang secara random dari daftar pemenang. Masing-masing pemenang maksimal hanya dapat menang satu kali.

Arisan sendiri merupakan suata acara kumpul-kumpul antar keluarga atau antar relasi. Para anggota keluarga atau relasi berkumpul di suatu tempat untuk bersilaturahmi misalnya saja satu bulan sekali. Pada acara kumpul-kumpul tersebut masing-masing keluarga mengumpulkan uang untuk dikocok siapa yang berhak menang Arisan. Orang yang menang Arisan tersebut berhak memperoleh uang hasil kumpulan dari seluruh keluarga saat itu. Masing-masing orang hanya berhak menang satu kali.

Contoh, ada 5 orang yang mengikuti Arisan dan masing-masing menyetor uang 100rb setiap bulan. Setiap bulan mereka berkumpul dan menentukan siapa yang memenangkan 500rb. Secara total masing-masing menyetor 500rb dan juga akan mendapatkan 500rb. Jadi secara bergiliran masing-masing peserta akan berhak mendapatkan 500rb. Tujuan utama dari Arisan ini adalah bukan mendapatkan uang hasil dari Arisan akan tetapi lebih ke arah acara kumpul-kumpulnya, bersilaturahmi antar anggota keluarga dan relasi.
Continue reading “Arisan di Android”

Emulator Disconnected

Pada saat kita mau coba menjalankan aplikasi yang kita buat di emulator Android sering kita mendapatkan message :

Emulator-5554 disconnected! Cancelling activity launch!

Hal ini sering terjadi jika emulator dijalankan pertama kali.

Solusi dari masalah tersebut yaitu dengan masuk ke command prompt

ketik
adb kill-server

kemudian

adb start-server

Biaya Pembuatan Aplikasi Android

Banyak pihak yang bertanya kepada saya berapa biaya pembuatan aplikasi Android. Pertanyaan yang sederhana akan tetapi sulit untuk dijawab. Hal ini karena informasi yang diberikan oleh klien kita mengenai aplikasi Android yang ingin dibuatnya sangat sedikit atau tidak lengkap. Malah biasanya hanya disebutkan dalam satu kalimat saja. Misalnya, berapa biaya pembuatan aplikasi Android untuk survey? Coba Anda bayangkan aplikasi Android untuk survey. Bagaimana tingkat kompleksitas dan bagaimana usaha yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi android tersebut belum bisa terukur hanya dengan menyebutkan aplikasi tersebut untuk Survey.

Jika dibandingkan dengan membangun sebuah rumah, menentukan biaya untuk membuat aplikasi Android lebih sulit. Jika dalam pembangunan rumah, kita bisa memperkirakan biaya pembangunan rumah berdasarkan dari biaya per meter persegi dikali luas bangunan. Contoh kita akan membangun rumah seluas 36 m2, jika per m2 biayanya Rp. 5 juta maka perkiraan biaya pembangunan rumahnya adalah Rp. 180 juta.

Continue reading “Biaya Pembuatan Aplikasi Android”