Kiat Bertahan Toko Kelontong dari Gempuran Minimarket

Saat ini membanjirnya minimarket tentu akan mengancam pemilik ritel tradisional alias toko kelontong. Kita tahu, persaingan usaha memang hal yang tidak dapat terelakkan lagi, dan salah satu hal yang terpenting adalah mempersiapkan strategi dalam mengatasi hal tersebut.

Terkait dengan pengaturan jarak antara lokasi usaha ritel modern dan tradisional, tentu hal tersebut adalah kewenangan pemerintah dalam memberikan izin terkait. Sehingga, yang perlu dilakukan adalah inovasi layanan dengan pengutamaan kepuasan pelanggan yang telah loyal. Beberapa hal memang dapat dilakukan, namun perlu dikaji berkaitan dengan improvisasi bisnis yang akan dilakukan, di antaranya:

  • Item produk jualan memang harus variatif, karena modern ritel memanfaatkan kelengkapan jumlah barang dagangan. Tentu tidak perlu selengkap modern market, kecuali terdapat modalitas yang cukup. Utamakan kebutuhan sembako (sembilan bahan pokok) menjadi bagian penting, karena merupakan kebutuhan dasar. Selain itu, air mineral galon dan gas menjadi sebuah kebutuhan dapur rutin serta berkelanjutan.
  • Menambah produk Pulsa dan PLN. Seperti minimarket, setiap kali pelanggan selesai berbelanja, kita tawarkan produk pulsa dan PLN. Hal ini dimungkinkan dengan penggunaan aplikasi Mesin Kasir Android. Berjualan Pulsa dan PLN langsung melalui aplikasi Mesin Kasir Android. Download aplikasinya GRATIS di Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plugie.mesinkasir. Secara lengkap dapat melihat di tautan berikut ini: Sekalian Isi Pulsanya Pak ?
  • Term pembayaran modern ritel adalah cash & carry, celah itu dapat dimanfaatkan secara fleksibel untuk menjalin relasi dagang pada skala pembelian yang besar untuk memberi konsumen jangka waktu pembayaran. Bisa memakai kredit 2-3 hari tergantung dari penilaian atas kapasitas bayar pelanggan.
  • Lakukan pembukuan secara administratif sederhana, mencatat biaya pembelian, hasil penjualan harian termasuk biaya yang dipergunakan seperti transportasi, kebersihan, keamanan, dll. Sehingga, dengan demikian dapat diketahui berapa besar nilai pendapatan bersih atas penjualan. Kelebihan modern market adalah kekuatan sistem layanan termasuk pencatatan. Untuk membantu pencatatan bisa menggunakan Aplikasi Mesin Kasir Android yang dapat didownload di Google PLay Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plugie.mesinkasir.
  • Bentuk manfaat dari melakukan pencatatan serta pembukuan harian diatas adalah sebagai bukti pendukung transaksi. Khususnya dipergunakan bagi kepentingan permodalan yang difasilitasi oleh pihak perbankan, di mana pemerintah melakukan dukungan program melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • Manfaatkan peluang untuk hantaran pembelian dengan kuantitas nilai tertentu, sistem delivery bisa dilakukan dengan pertimbangan jarak lokasi antar yang dekat, di mana hal tersebut memenuhi aspek kepraktisan konsumen golongan rumah tangga. Dengan begitu, maka perlu ada line telepon yang dapat dihubungi untuk order pesanan belanja.

Dalam hukum ekonomi, sisi penerimaan ditopang oleh kemampuan menekan biaya bahan baku serta memperbesar jumlah kuantitas unit barang terjual. Beberapa tips di atas merupakan langkah memperbesar jumlah konsumen.

Sementara itu berkaitan dengan efisiensi biaya bahan baku, maka beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  • Mencari pasokan barang dagangan yang lebih murah, di mana sumber pembelian dengan harga yang kompetitif dapat membuat nilai harga jual lebih murah dan diterima dengan baik oleh konsumen.
  • Melakukan pengaturan jadwal pembayaran kepada pemasok. Dalam hal ini maksud yang terpenting adalah melakukan pengelolaan cashflow, di mana akan ada jeda waktu antara penerimaan barang dengan pembayaran ke supplier. Sehingga, dapat mendukung perputaran produk untuk mendapatkan penghasilan terlebih dahulu.

Orang Indonesia Lebih Mempercayai Aplikasi Buatan Luar Negeri ?

Apakah Anda berpikir seperti judul tulisan ini ? Jika ya, berarti lebih membenarkan apa yang saya simpulkan selama ini. Coba lihat di handphone Android Anda. Berapa banyak aplikasi buatan dalam negeri dibanding aplikasi buatan luar negeri. Hal tersebut tentunya lebih membuktikan kembali kebenaran dari judul tulisan ini.

Jika saya coba untuk memberikan informasi mengenai Aplikasi Android buatan saya kepada kenalan saya, ada dua hal sepertinya yang menjadi resistansi kenapa mereka enggan menginstall aplikasi saya tersebut :

  1. Mereka berpikir bahwa saya mendapatkan uang jika mereka mendownload aplikasi saya tersebut
  2. Padahal aplikasi tersebut gratis. Mereka tidak membayar untuk mendownload. Paling membayar kuota internet. Itupun biaya internet dibayarkan ke operator bukan dibayar ke saya. Mereka berpikir saya mendapatkan uang dari Google atau dari operator selular. Kok bisa? :o. Secara lengkap mengenai pembahasan saya ini dapat dibaca di Apakah Developer Aplikasi Android dibayar per download ?

  3. Saya dapat meng hack dan membuat macam-macam terhadap hp mereka
  4. Duh, ini sedih banget. HP android sudah semakin canggih. Prinsipnya apa yang dilakukan oleh aplikasi terhadap hp harus sepengatahuan dari pengguna. Lagipula saya tidak secanggih itu. Dan yang lebih penting, tidak ada niatan untuk meng-hack hp orang. Tidak ada gunanya.

Dua hal tersebut sepertinya tidak menjadi resistansi jika aplikasi yang akan didownload bukan dibuat oleh orang Indonesia. Mereka tanpa berpikir panjang akan langsung mendownload aplikasi buatan luar negeri tersebut.

Jika Anda lebih mendahulukan untuk menginstall aplikasi buatan Indonesia, sebenarnya Anda dapat turut serta memajukan kehidupan bangsa. Akan tercipta market yang potensial dan simbiosis mutualisme antara pengguna dan developer. Jangan sampai negara kita dibanjiri oleh developer dari luar negeri dan aplikasi dari luar negeri dibandingkan dari dalam negeri.

Jadi masih ragu untuk menginstall aplikasi buatan orang Indonesia ?

Apakah Developer Aplikasi Android dibayar per download ?

Android sudah berumur 8 tahunan. Di Indonesia menjadi sistem operasi terpopuler. Ratusan juta jumlah penggunanya.

Saya develop android sejak tahun 2011. Belum pernah mempublish aplikasi yang berbayar di Google Play Store. Yaitu, pengguna harus bayar jika akan download aplikasinya. Jadi aplikasi yang saya buat dan publish di Google Play Store dapat didownload secara GRATIS.

Namun, yang menyedihkan, hampir selalu kalau ngobrol dengan pengguna Android, mereka berpikiran bahwa saya dibayar jika ada yang download aplikasi tersebut. Hiks… hiks .. hiks..

Mereka beranggapan kalau saya dibayar oleh GOOGLE. Kok bisaaaaaaaa 😮

Darimana datangnya duit. Kalau Anda download tanpa bayar, terus saya dibayar…. o_O

Coba ya, setelah Anda baca tulisan saya ini, Anda mengerti kalau aplikasi GRATIS artinya si pembuat aplikasi tidak DIBAYAR untuk setiap download aplikasinya.

Memang ada banyak cara mendapatkan uang selain per download. Tapi BUANG JAUH2 PEMIKIRAN, Anda download, maka developer dibayar.

Jadi jangan ragu untuk mendownload aplikasi Android GRATIS khususnya yang dibuat oleh orang Indonesia. Beri rating dan komentar yang bagus jika memang aplikasi tersebut bermanfaat buat Anda