Apakah Developer Aplikasi Android dibayar per download ?

Android sudah berumur 8 tahunan. Di Indonesia menjadi sistem operasi terpopuler. Ratusan juta jumlah penggunanya.

Saya develop android sejak tahun 2011. Belum pernah mempublish aplikasi yang berbayar di Google Play Store. Yaitu, pengguna harus bayar jika akan download aplikasinya. Jadi aplikasi yang saya buat dan publish di Google Play Store dapat didownload secara GRATIS.

Namun, yang menyedihkan, hampir selalu kalau ngobrol dengan pengguna Android, mereka berpikiran bahwa saya dibayar jika ada yang download aplikasi tersebut. Hiks… hiks .. hiks..

Mereka beranggapan kalau saya dibayar oleh GOOGLE. Kok bisaaaaaaaa 😮

Darimana datangnya duit. Kalau Anda download tanpa bayar, terus saya dibayar…. o_O

Coba ya, setelah Anda baca tulisan saya ini, Anda mengerti kalau aplikasi GRATIS artinya si pembuat aplikasi tidak DIBAYAR untuk setiap download aplikasinya.

Memang ada banyak cara mendapatkan uang selain per download. Tapi BUANG JAUH2 PEMIKIRAN, Anda download, maka developer dibayar.

Jadi jangan ragu untuk mendownload aplikasi Android GRATIS khususnya yang dibuat oleh orang Indonesia. Beri rating dan komentar yang bagus jika memang aplikasi tersebut bermanfaat buat Anda

3 Replies to “Apakah Developer Aplikasi Android dibayar per download ?”

  1. Itulah yang banyak ada dipikiran orang pak, padahal saya sudah kasoh tau mereka bahwa setiap download aplikasi, sipemilik aplikasi tidak mendapatkan fee apapun. Tapi mereka tidak percaya… Mau dijelaskan datangnya fee itu dari iklan pop up pun ga bakalan ngerti… Hehehe.
    Tetap semangat dan sukses terus pak

  2. benar banget dengan artikel ini.saya membuat aplikasi garuda browser dan launching di playstore rata2 orang indonesia pasti bertanya bgtu.ini website bagus memberi pencerahaan ke masyarakat indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *